Minggu, 08 Maret 2015

Menjadi pribadi yang efektif

Untuk menjadi pribadi yang hidup dengan efektif dan berhasil
Kesuksesan dan kegagalan bukanlah hal yang kebetulan, kesuksesan meninggalkan jejak. Jika kita ikuti jejak orang2 sukses
tak peduli darimana kita memulainya, pada akhirnya akan mencapai tempat yang sama dengan mereka.
Dan juga ada hukum alam yg namanya hukum sebab akibat, menabur benih memetik buah, aksi-reaksi, adalah hukum alam semesta, semua terjadi karena suatu alasan, tak ada akibat tanpa sebab. Bisa dikatakan Jika kita bisa menentukan akibat yang kita inginkan, kita bisa cari dan temukan apa yang mereka lakukan, lalu melakukan hal yang sama dan bisa dapatkan hasil yang sama.
Dunia ini adil, dan dunia ini tidak peduli dengan siapa yang akan sukses, yang pendek tinggi, kecil atau besar, banyak yg tdk berpendidikan tapi hidupnya lebih baik dari kita. Bukan karena mereka lebih baik, tapi karena mereka mengikuti metode yang yang benar terbukti telah menciptakan orang yg berhasil.
Tak ada yang berhasil saat pertama kali, Untuk mencapai sesuatu yg belum pernah dicapai kita harus jadi orang yang berbeda. Kualitas yang harus diciptakan adalah kualitas luar biasa yang menjadikan kita manusia lebih baik. Bukan hanya dalam karakter, kegigihan, disiplin, keputusan, kekuatan dan seterusnya, mereka membentuk dengan cara yang jauh lebih baik.
Pertama adalah semua ketrampilan dan pengetahuan bisa dipelajari, kedua kita Cuma perlu mempelajari sebuah ketrampilan, untuk menggandakan penghasilan, berikut ini beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mereka yg berhasil (hasil riset thd 50 miliarder selama 5 tahun).
  • Punya impian yang besar
Buatlah impian yang besar, membuat rencana di proyeksikan beberapa tahun ke depan dan membayangkan bahwa hidup kita sempurna dalam beberapa aspek,
bayangkan anda tak memiliki batasan. Jika hidup berhasil akan seperti apa anda,  berapa nilai penghasilan anda, berapa nilai kekayaanmu, seperti apa kehidupan keluarga, dan segera tuliskan.
Ambil kertas dan membuat daftar impian, tanpa ada batasan, buat tujuan apa yg akan diraih. Hukum ketertarikan, dan mulai menarik orang, situasi, ide, akal
dan wawasan ke dalam hidupnya. Hal tsb mulai menggerakannya untuk meraih tujuan dan mulai menggerakan untuk mendekati tujuannya.
  • Lakukan pekerjaan dengan gembira (Do what you love to do)
Kapanpun kita temukan orang  yang sukses dalam hidup, mereka melakukan apa yang mereka suka. Mereka menyukai pekerjaannya, temukan sesuatu yang suka anda lakukan, lalu mencari cara untuk menjadikannya pekerjaan. Jika anda temukan apa yang kau suka, itu akan memberimu kekuatan memotivasi dan menyemangatimu. “Aku lakukan apa yang aku suka”
Ada orang yang menyukai pesawat, apapun tentang pesawat, hingga punya 3 perusahaaan yang berhubungan dengan pesawat. Lakukan apa saja seperti seorang anak kecil menyukai sesuatu, tidak harus sesuatu yang dilakukan saat kita menjadi dewasa (anak kecil menyukai sesuatu dengan sangat sehingga mereka hidupnya selalu bahagia)
  • Berkomitmen pada keunggulan (Commit to excellence)
Orang yang sukses mereka berusaha menjadi yang terbaik di bidang yang mereka geluti. Berjuang dengan keras utk masuk ke 10% terbaik di bidang mu. Jika kau melakukan apa yang kamu suka anda pasti ingin masuk 10% terbaik di bidang mu. Jika tak ingin menjadi unggul di bidang nya berarti kita berada di bidang yang salah, itu artinya membuang waktu saja. Banyak org kerja sampai malam, tapi tidak berusaha utk unggul di pekerjaannya.
Org yang sukses dahulunya berasal dari org yg tdk masuk dalam 10%. Kuncinya bekerja keras dan berkorban. Makan waktu bisa bulanan, tahunan.
  • Buat kebiasaan dan kemampuan yang unik/ berbeda dg yg lain (Develop your unique talents and abilities)
Kau hebat dalam hal apa, kau hebat dalam hal apa hari ini ?, seharusnya kau hebat dalam hal apa ?, apa yg membuatmu sukses hingga kini,..?  sukses meninggalkan jejak,  jika mengingat kembali masa lalu, maka akan menemukan indikator yg menuntun ke masa depan.
  • See your self as self employed (Jadilah pekerja mandiri)

Kita sendiri yang mengendalikan hidup kita, seperti saat mati lampu, siapa yang akan menyalakan kalau bukan diri kita, karena hanya ada kita disana.  Pemikiran salah adalah bahwa anda bekerja untuk orang lain, bukan untuk diri kita sendiri. Walau digaji diperusahaan seumur hidup, kita hrs menganggap perusahaan sebagai perusahaan
kita. Anggap semua yg terjadi berdampak pada diri kita.
Mereka  memikirkan perusahaan saat mereka sdg tdk bekerja, memikirkan agar bekerja menjadi lebih baik, saat terjadi sesuatu di perusahaan menanggapinya dengan serius, karena mereka merasa bertanggung jawab. Inilah org2 yg naik ke posisi puncak setiap organisasi dan industri, dan mereka termasuk orang-orang terbaik.
  • Bangun arah yang jelas (Develop a clear direction)
Secara intens berorientasi pada tujuan, kita tdk bisa menembak target yg tidak kita lihat. Memutuskan apa yang kau inginkan, menuliskannya dan membuat rencana untuk meraihnya. Lalu tentukan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya dan mencari cara untuk membayarnya. Menanam benih memetik buah dan hukum sebab akibat. Menuliskan apa tujuannya, membuat rencana dan melaksanakannya setiap hari.
Ambil kertas tulis 10 cita2 (10 objective), tanyakan jika kau hanya ingin mewujudkan cita2 dalam daftar ini tapi bisa mewujudkannya dalam waktu 24 jam, cita2 mana yang paling berdampak positif pada hidup mu. Lakukan sesuatu setiap hari yang membuatmu mendekati cita-citamu.
  • Menolak memikirkan kemungkinan terjadi kegagalan (Refuse to condiser the posibility of failure)
Rasa takut akan gagal adalah rintangan terbesar utk meraih sukses. Masalahnya bukan kegagalan itu sendiri, karena kita semua sering mengalami kegagalan, bukan kegagalan yg menghalangi kita, kegagalan membuat kita lebih pintar. Cara atasi kegagalan adalah jangan memikirkan kemungkinan akan gagal. Semua manusia gagal berkali kali.
Aturannya adalah kegagalan itu tidak ada, yang ada hanyalah response (feedback),  Jika coba sesuatu yang tak berhasil kau dapat respon, bukan kegagalan. Gagal pertama kali, nyatakan itu feedback yang menarik, anda bangkit kembali, melangkah maju, dapat respons lagi, melangkah maju. Berusaha, lalu gagal, dan otak menjadi lebih pintar,
sampai nanti otak begitu pintarnya dan berhenti melakukan kesalahan. Tapi tdk bisa mencapai titik itu tanpa melewati kegagalan . Kegagalan adalah peluang untuk
melakukanya lagi secara intelektual.
Pasti ada sisi baik dari kegagalan yang bisa dimanfaatkan, mengejutkan nya para jutawan sering menemukannya. Juga selalu mencari pelajaran berharga, disetiap kemunduran, halangan, atau kegagalan sementara, dan menemukan pelajaran berharga. Bukannya mengeluh, menangis, memikirkan kerugian dan menyalahkan
orang lain.
  • Dedikasikan dirimu untuk belajar seumur hidup (Dedicate your self to lifelong learning).
Yang mengubah dari miskin ke kaya adalah pengembangan diri dan profesi, pengetahuan dan ketrampilan adalah kunci abad 21, kata peter drucker. Keahlian yang penting adalah Kemampuan mempelajari ketrampilan baru, karena hampir semua yang kita tahu menjadi kuno dengan sangat cepat. Pengetahuan kita saat ini umurnya hanya 2 tahun, kata stephen covey.
Ada Tiga kunci untuk terus menerus belajar:
Pertama, baca mengenai bidangmu 30-60 menit setiap hari,
matikan televisi, radio, singkirkan koran, dan baca  mengenai bidang kita. Baca buku terlaris yg
ditulis oleh orang tersukses dibidang mu. Karena buku berisi kekayaan orang
kaya yang membuatmu bisa berfungsi dengan tingkat yang lebih tinggi.
Kedua, ikuti pelatihan sebanyak mungkin, mereka menghabiskan
riset bertahun2 utnuk menyampaikan materinya. Kita tdk pernah tahu dari mana
informasi akan datang, kasus seorang dokter gigi yang ikut pelatihan dari
dokter gigi di hongkong, perbaikan rahang yg mengsong dan menjadi jutawan
karena hanya dia yg bisa ditempat praktenya.
Ketiga, dengarkan radio di mobil. Menurut riset sama dengan
kita kuliah di perguruan tinggi.
Pat riley (pelatih basket NBA) mengatakan “jika tak membaik, maka kau
memburuk”
Kepercayaan diri meningkat, profesionalisme meningkat karena kita
merasa memiliki banyak pengetahuan sehingga posisi dan bayaran bertambah tinggi
di semua aspek hidup kita.
  • Membangun
    mentalitas kerja yang all out (Develop a workoholic mentality).
Ada masanya dalam hidup dimana kita bisa mundur, bersantai, itu bila
sdh berhasil, karena sebelum berhasil kita bersaing dengan banyak orang seperti
atlet yang ingin menang, agar bisa
menang harus kerja lebih keras, lebih baik, dan lebih pintar dari
mereka. Buat mental workoholic, yaitu : datang lebih awal, kerja lebih keras,
kerja lebih lama.
Gunakan formula kerja plus,
bekerja diatas standar jam adalah untuk investasi keberhasilan, dg
melihat berapa jam diatas standar jam yg digunakan. Para eksekutif bekerja
diatas standar jam perminggu, ada jutawan yg berpenghasilan 1 juta dolar
sebulan bekerja 75 jam seminggu.
  • Bergaul
    dengan orang yang tepat (get around the right people)
Keberhasilan seseorang berdasarkan riset dari harvard 99% ditentukan
oleh namanya kelompok referensi, yaitu orang yg ada di tempat kerja kita, di
rumah, dalam pergaulan, karena mereka mempengaruhi pola pikir, cara pandang,
gaya bicara, dll. Jika bergaul dg orang2 sukses, kita akan tahu sudut pandang
mereka. Mereka positif, bersemangat, fokus, selalu belajar, berkembang, optimis
pada apa yg dikerjakan dan kita akan mulai seperti itu.
  • Siap
    mendaki dari puncak ke puncak lainnya (be prepared to clim from peak to peak).
Hidup bukanlah satu kereta saja, tapi hidup adalah naik turun seperti
mendaki puncak gunung, lalu turun ke lembah sebelum naik ke puncak berikutnya. org
berhasil melihat 2 langkah ke depan dan mengamankan langkah dibelakang, mereka
menabung, hingga jika ada kemunduran masih lebih baik dari sebelumnya.
  • Ciptakan
    kemampuan melenting dan memantul kembali (develop resiliance and bounce back).
Kegagalan sering dialami, oleh karena itu memiliki kemampuan memantul
tapi jangan hancur. Lakukan latihan mental, secara mental kau siap menghadapi
kegagalan sebelum terjadi, jadi saat terjadi kegagalan kita bisa mengatakan
saya takkan sedih, kesal, atau marah, atau lainnya, “aku akan hadapi dan
belajar bangkit kembali dan terus maju”.
Hidup adalah serangkaian masalah tiada henti, mereka tak pernah
berhenti, terus selalu berdatangan, seperti ombak, yang menjadi sukses adalah
cara menghadapi masalah. Orang sukses selalu mencari solusi untuk semua
masalah. Mereka tidak marah, tapi fokus pada solusi, mereka menjadi sangat
fokus pada pencarian solusi. Saat masalah terjadi itu merangsang kreatifitas
untuk memecahkan masalah
Tuliskan cita2 kita, misal melipatgandakan penghasilan, tulis
selanjutnya apa saja yang bisa kulakukan untuk melipat gandakan penghasilan dalam
12 bulan ke depan.
Buat jawabannya dalam minimal 20 jawaban.
Kemudian satu persatu di implementasikan.
  • Bersikap
    optimis dan tak tergoyahkan (become an unshakable optimist)
Selalu memikirkan dan membicarakan apa yang kita mau, mencari sisi baik
dari setiap aktfitas belajar dari sesuatu, terus menerus membanjiri pikiran
mereka dengan ide hebat yg membuka pandangan baru. Org optimis punya 3 kualitas
bagus;
Pertama, belajar banyak hal, kedua mencoba banyak hal,
ketiga
gigih mereka tak pernah menyerah.  Jadi
orang optimis belajar dan mencoba lebih banyak hal dan gigih.
  • Menciptakan  kualitas keberanian dan keuletan (develop the
    qualities of courage and persistence).
Kita membutuhkan dua hal keberanian, pertama keberanian untuk memulai,
dimana keberanian untuk memulai tanpa jaminan akan berhasil. Berpikir membuat
rencana, mengambil keputusan lalu bekerja tanpa jaminan, jadi seperti org
bilang lompat, tapi jaringnya diambil. Yang kedua keberanian untuk bertahan dan
tetap ulet, keberanian untuk terus maju.
  • Kualitas
    mendisiplinkan diri (quality of self discipline)
Kemampuan untuk membuat dirimu melakukan yang seharusnya, saat harus
dilakukan tak peduli kau ingin melakukannya atau tidak. Kemampuan untuk
memaksamu melakukan yang harus dilakukan. Semakin kita disiplin, semakin suka
diri kita dan semakin ulet. Akhiarnya membuat kita menjadi pusaran ke atas
dimana anda tak bisa dihentikan.
Semoga hal
sederhana ini bisa kita lakukan, tentunya dibarengi dengan permohonan doa
kepada Tuhan yang maha esa, agar semua yang dilakukan mendapatkan dukungan nya,
amien yaa robb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar